(022) 4268709
Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Sukabumi

Deskripsi

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Sukabumi pada tanggal 12 April 2021 bertempat di Aula Pendopo. Pengukuhan dilaksanakan secara langsung dan virtual (hybrid). Acara tersebut turut dihadiri juga oleh Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar, Deputi Direktur Divisi Implementasi Kebijakan dan Keuangan Daerah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Gentur Wibisono, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi, serta pimpinan Lembaga Jasa Keuangan di Kabupaten Sukabumi.

TPAKD Kabupaten Sukabumi dibentuk berdasarkan SK Bupati Nomor 900/Kep.289-Ekon/2021 tanggal 22 Maret 2021 tentang Perubahan atas Keputusan Bupati Nomor 900/KEP.935-EKON/2020 tentang Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah. Hal ini merupakan bentuk sinergi berbagai elemen pemangku kepentingan terdiri dari unsur Pemerintah Daerah, Regulator, Lembaga Jasa Keuangan, Akademisi, Asosiasi Pelaku Usaha yang bertujuan bagaimana memperluas dan mempermudah akses masyarakat terhadap keuangan di daerah.

Bupati mengatakan dalam sambutannya bahwa keberadaan TPAKD Kabupaten Sukabumi diharapkan mampu mendorong pemulihan dan menggiatkan kembali kegiatan-kegiatan ekonomi produktif masyarakat melalui upaya-upaya peningkatan pemberdayaan UMKM, pertanian, peternakan, perikanan, dan kegiatan-kegiatan produktif lainnya.
“Kami menyimpan harapan besar kepada TPAKD untuk dapat mendorong lembaga jasa keuangan berperan dalam pemulihan ekonomi daerah, mencari inovasi dalam memperluas akses keuangan bagi masyarakat, melakukan optimalisasi penyediaan pendanaan produktif bagi pelaku UMKM dengan proses yang cepat, mudah, dan berbiaya rendah, sehingga masyarakat bisa mengurangi ketergantungan atau pengaruh entitas kredit informal atau ilegal” ujar Bupati.

Adapun program kerja TPAKD Kabupaten Sukabumi tahun 2021 adalah
  • Pertama, BUMI (Bangkit Usaha Mandiri). Merupakan program perluasan akses keuangan terhadap pelaku usaha baik Industri Kecil Menengah (IKM) maupun UMK yang diimplementasikan melalui fasilitasi pembiayaan KUR (Kredit Usaha Rakyat), Ultra Mikro (UMi). pembiayaan UMK lainnya serta produk dan layanan keuangan lain dari Lembaga Jasa Keuangan kepada ekosistem pemberdayaan UMK.
  • Kedua, Perahu Kertas (Perempuan Hebat Untuk Keluarga Berkualitas). Merupakan program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Pemberdayaan Perempuan dengan dukungan literasi dan inklusi keuangan serta dalam rangka mengurangi keterlibatan masyarakat, khususnya kelompok perempuan dengan rentenir program melalui subprogram “NgeTRen” (Ngelawan Terhadap Rentenir).
  • Ketiga, GenTar Bumi (Gerakan Tabungan Untuk Pelajar Sukabumi). Program mendorong kepemilikan rekening tabungan bagi Pelajar dan untuk menumbuhkan budaya menabung sejak dini.
Pada kesempatan yang sama, sebagai penanda dimulainya program TPAKD serta bentuk dukungan dari anggota TPAKD Kabupaten Sukabumi, dilakukan simbolis penyerahan bantuan dari Ikatan Pegawai OJK (IPOJK) Kantor Regional 2 Jawa Barat kepada Pelajar Terdampak Covid-19 berupa pembukaan 200 rekening Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) Bank BJB total sebesar Rp50 juta, sebagai dukungan dan implementasi Program Gentar Bumi serta simbolis penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BJB, BRI, Bank Mandiri dan Kredit Ultra Mikro (UMi) dari Permodalan Nasional Madani (PNM) total keseluruhan sebesar Rp1,07 Milyar kepada 8 (delapan) nasabah Usaha Mikro Kecil/UMK yang ada di Kabupaten Sukabumi.

16 April 2021 Admin - Admin TPAKD - Mudo Laksito