(022) 4268709
Pengukuhan TPAKD Kabupaten Subang

Deskripsi

Hari ini, Senin 20 Desember 2021 dilaksanakan Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Subang yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Subang.

Hadir langsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Wakil Bupati Subang Bp. Agus Masykur Rosyadi, Direktur Lembaga Jasa Keuangan 2 dan Manajemen Strategis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 2 Jawa Barat Bp. Aulia Fadly, Deputi Direktur Ekonomi Ahli KPw Bank Indonesia Jawa Barat, Ibu Tanti Mulyanti, Sekretaris Daerah, Asisten Daerah, Kepala Dinas, Lembaga Jasa Keuangan, dan pelaku UMKM di Kabupaten Subang.

Pada sambutannya, Direktur LJK2 & MS OJK Jawa Barat menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Wakil Bupati Subang atas dukungan beliau pada acara Pengukuhan TPAKD yang merupakan salah satu bentuk dukungan komitmen bersama untuk memberikan kontribusi bagi percepatan akses keuangan daerah di Kabupaten Subang. Aulia Fadly menyampaikan saat ini terdapat 18 TPAKD yang telah terbentuk di Provinsi Jawa Barat (1 TPAKD Provinsi dan 17 TPAKD kabupaten/kota).

"Sangat mengapresiasi telah terbentuknya TPAKD Kabupaten Subang dan diharapkan lembaga jasa keuangan baik perbankan maupun non-bank bisa meningkatkan peran serta mendukung implementasi program pembangunan pemerintah daerah Kabupaten Subang melalui optimalisasi sumber dana yang didukung dalam peningkatan penyaluran pembiayaan." Ujarnya.

Selanjutnya Wakil Bupati Subang mengukuhkan seluruh anggota TPAKD Kabupaten Subang ditandai dengan penyerahan SK Bupati tentang Pembentukan TPAKD Kab. Subang kepada Sekretaris Daerah Kab. Subang.

Selain itu, Wakil Bupati Subang dalam sambutannya, selaku Pembina TPAKD mengapresiasi serta menyambut baik kepada jajaran OJK Kantor Regional 2 Jawa Barat dan pihak terkait atas terbentuknya TPAKD Kabupaten Subang. Dirinya berharap dengan hadirnya TPAKD Kabupaten Subang dapat memperkuat kerjasama antara stakeholder, industri dan jasa keuangan di daerah.

"Dengan hadirnya TPAKD sebagai wadah untuk membangun Sinergi antara OJK dan segenap pemangku kepentingan, Semoga dapat memetakan kebutuhan daerah dan memberikan masukan serta rekomendasi kebijakan kepada pemerintah daerah serta dapat mengembangkan potensi daerah di Kabupaten Subang." Ujar Agus.

Agus Masykur juga berharap TPAKD Kabupaten Subang tahun 2022 menjadi TPAKD terbaik di Jawa Barat bahkan Nasional seperti di bidang pertanian, peternakan maupun UMKM.

Rangkaian kegiatan pengukuhan tersebut diakhir dengan penyerahan produk dari 8 lembaga jasa keuangan Kab. Subang secara simbolis untuk mendorong akses keuangan kepada pelaku usaha dan masyarakat dengan total penyaluran sebesar Rp3,5 Miliar, dengan rincian terdiri dari Bank BJB sebesar Rp2,2 Miliar, Bank Central Asia (BCA) sebesar Rp200 juta, Bank Mandiri sebesar Rp150 juta, Bank Negara Indonesia (BNI) sebesar Rp500 juta, Bank Syariah Indonesia (BSI) sebesar Rp150 juta, Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebesar Rp200 juta, BPR Subang Gemi Nastiti sebesar Rp6 juta dan Permodalan Nasional Madani (PNM) sebesar Rp10 juta kepada 10 orang nasabah. Selain itu terdapat juga penyerahan secara simbolis pembukaan Tabungan Simpanan Pelajar MTSN 1 SUBANG sebanyak 867 rekening dengan total simpanan sebesar Rp46 juta yang diserahkan oleh Bank Woori Saudara Indonesia (BWS). Pada kesempatan yang sama Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang juga turut serta menyerahkan pembiayaan secara simbolis kepada 3 orang penerima manfaat.
 

20 Desember 2021 Admin - Admin TPAKD - Badar