(022) 4268709
Pengukuhan TPAKD Kota Bandung

Deskripsi

Wali Kota Bandung H. Oded Mohamad Danial mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Bandung pada tanggal 6 Desember 2021 secara langsung bertempat di Aula Pendopo Kota Bandung. Acara tersebut turut dihadiri oleh Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono, Direktur Lembaga Jasa Keuangan 2 dan Manajemen Strategis OJK Regional 2 Jawa Barat Aulia Fadly, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Ameriza M. Moesa, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bandung Eric M. Attauriq, Kepala Perangkat Daerah Kota Bandung, Asosiasi Lembaga Jasa Keuangan, Pelaku Usaha serta Perwakilan Perguruan Tinggi & Akademisi di Kota Bandung.

TPAKD Kota Bandung dibentuk berdasarkan Keputusan Wali Kota (Kepwal) Nomor: 900/Kep.838-Bag-Ek/2021 tanggal 17 September 2021 yang bertujuan  untuk memperkuat komitmen antar unsur instansi vertikal pemerintah daerah, otoritas, lembaga jasa keuangan dan asosiasi lembaga jasa keuangan di Kota Bandung dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan akses keuangan daerah. Pengukuhan TPAKD Kota Bandung ini juga bersamaan dengan pengukuhan TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah) Kota Bandung.

Dalam sambutannya wali kota berharap, tim tersebut mampu menunjang program prioritas dalam menyukseskan pembangunan juga pemberdayaan ekonomi. “Ini untuk menunjang program prioritas pembangunan yang membutuhkan dukungan dan akselerasi keuangan bersifat infrastuktur maupun program pemberdayaan ekonomi,” kata Oded. Menurutnya, tim ini bertujuan mendorong ketersediaan akses keuangan yang luas kepada masyarakat dalam mendukung perekonomian daerah.
“Menggali potensi ekonomi yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan juga optimalisasi potensi sumber dana di daerah dalam memperluas penyediaan pendananaan produktif. Antara lain untuk mengembangkan UMKM, usaha rintisan dan membiayai pembangunan sektor prioritas,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat, Indarto Budiwitono mengucapkan selamat kepada Kota Bandung yang telah mengukuhkan TPAKD dan TP2DD. “Kami mengucapkan selamat bagi anggota TPAKD dan TP2DD Kota Bandung. Di Jawa Barat terdapat 18 TPAKD yang telah dibentuk, 1 Provinsi Jawa Barat dan 17 kabupaten kota di Jabar,” tuturnya. Beberapa TPAKD, kata Indarto sudah mengimplementasikan beberapa program kerja dalam upaya mendukung peningkatan akses keuangan oleh masyarakat. “Kami apresiasi atas pengukuhan ini, kita saling berkoordinasi dan mendukung implementasi dari program kerja,” ujarnya.
“Setelah dibentuknya ini diharapkan mampu mendorong industri lembaga jasa keuangan baik perbankan maupun non-bank. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan peran ekonomi daerah dan optimalisasi sumber dana yang dihimpun untuk mendukung implementasi program pemerintah,” tuturnya. “Kehadiran TPAKD dan TP2DD akan saling melengkapi dan menjadi sinergi dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan serta digitalisasi ekonomi di Kota Bandung”.

Pada kesempatan yang sama, sebagai penanda dimulainya salah satu program TPAKD serta bentuk dukungan dari anggota TPAKD Kota Bandung, dilakukan simbolis penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perwakilan perbankan dengan total sebesar Rp725 Juta kepada 4 (empat) nasabah Usaha Mikro Kecil/UMK yang ada di Kota Bandung, dengan rincian dari Bank Mandiri sebesar Rp200 juta, Bank Central Asia (BCA) sebesar Rp25 juta, Bank Syariah Indonesia (BSI) sebesar 200 juta dan Bank Jabar Banten (BJB) sebesar Rp300 juta. Pada acara ini juga juga dirangkaikan dengan peluncuran aplikasi pembayaran PBB melalui OVO dan QRIS oleh bank bjb dalam rangka memberikan kemudahan dan mengoptimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak.

08 Desember 2021 Admin - Admin TPAKD - Iman