(022) 4268709
Sarasehan Business Matching Klaster Budidaya Domba

Deskripsi

Pada tanggal 8 April 2021 bertempat di PT Agro Investama di Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut, dilaksanakan Sarasehan Business Matching Klaster Budidaya Domba, dalam rangka momen silaturahmi antar mitra peternak domba juga merupakan monitoring dan evaluasi dari program Business Matching Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Jawa Barat di bidang peternakan domba. Selain itu, kegiatan ini sebagai forum diskusi antara kelompok peternak dengan PT Agro Investama (offtaker) dan juga pemerintah daerah provinsi yang diwakili dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan serta OJK. Harapannya pada kegiatan tersebut peternak dapat saling berbagi pengalaman (dari sisi manajemen, budidaya dan keuangan) yang bermanfaat dalam membantu perbaikan budidaya dombanya dan berbagi mengenai solusi apabila kendala yang dihadapi.

Pada sesi inti sarasehan tersebut, PT Agro Investama memaparkan evaluasi atas kinerja masing-masing kelompok peternak mitra dari, antara lain dari sisi produksi dan pendapatan. Misalkan, kiat-kiat dari kelompok yang menghasilkan pendapatan/ekor yang cukup tinggi bahkan cenderung naik setiap siklusnya, bahkan berbagi pengalaman dari kelompok yang telah bermitra sejak awal tahun 2018 yang mengalami pasang surut.

Bank BJB yang telah bermitra dengan PT Agro Investama sejak 3 (tiga) tahun yang lalu melalui dukungan pembiayaan KUR dengan skema penggemukan dan pembiakan terhadap kemitraan budidaya domba ini, menyampaikan bahwa akan selalu berkomitmen atas program-program pemberdayaan UMKM dengan tujuan supaya masyarakat Jawa Barat terutama kelompok peternak domba dapat memiliki kemudahan akses terhadap fasilitas perbankan, yang pada tahun 2019 menjadi program Business Matching TPAKD Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan dari OJK menyampaikan informasi bahwa dukungan TPAKD Provinsi Jawa Barat terkait monitoring dan evaluasi program Business Matching Budidaya Domba  akan terus dilakukan. Sejalan dengan itu juga mendorong literasi dan inklusi keuangan terutama mendekatkan kelompok mitra dan offtaker dengan produk dan layanan perbankan dan dapat dimanfaatkan secara optimal, seperti melakukan transaksi di bank secara langsung dan mekanisme otorisasi transaksi, pembukaan agen laku pandai di sekitar klaster ternak, serta pemanfaatan produk lain seperti dana pensiun untuk kesejahteraan dan masa depan.

Sementara dari pihak PT Agro menginformasikan komitmennya untuk selalu mendorong peningkatan skala usaha kelompok mitra peternak dengan syarat adanya keseriusan dari kelompok mitra dan senantiasa mengikuti apa yg menjadi masukan dari PT Agro Investama sebagai pendamping. Pada kesempatan yang sama, juga diserahkan bantuan alat produksi kepada kelompok peternak mitra terbaik, sosialisasi produk DPLK Bank BJB serta peninjauan lokasi peternakan di sekitar lokasi acara.

13 April 2021 Admin - Admin TPAKD - Iman