(022) 4268709
TPAKD Jabar Garap Business Matching Petani Milenial untuk Komoditas Sapi Potong

Deskripsi

OJK bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Bank BJB aktif mendorong pemulihan ekonomi dan peningkatan inklusi keuangan melalui kegiatan “Business Matching Petani Milenial Komoditas Sapi Potong” di Peternakan Cemerlang Jaya Makmur di Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan yang diselenggarakan selama bulan Oktober 2021 dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Jawa Barat.

Hadir terbatas pada kegiatan dimaksud, Direktur Lembaga Jasa Keuangan 2 dan Manajemen Strategis OJK Regional 2 Jawa Barat – Bapak Aulia Fadly, Bupati Sumedang – Bapak Dony Ahmad Munir, Chief Regional Ekonomi Bank Indonesia Jawa Barat – Bapak Bambang Pramono, Direktur Komersial dan UMKM Bank bjb – Ibu Nancy Adistyasari, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan – Bapak Jafar Ismail serta hadir secara virtual Wakil Gubernur Jawa Barat – Bapak Uu Ruzhanul Ulum untuk membuka kegiatan.
 
Bapak Aulia Fadly, menyatakan bahwa penyaluran KUR kluster program Petani Milenial yang tengah digarap Pemerintah Provinsi Jawa Barat tidak lepas dari peran Industri Jasa Keuangan khususnya Bank bjb untuk daerah Jawa Barat. Program yang telah dilakukan Bank bjb di program Petani Milenial telah tepat, dimana penyaluran kredit bagi para Petani Milenial dilakukan secara kluster dengan menggandeng off taker yang bertugas menjadi pendamping serta memberi kepastian pasar. Sehingga, peternak milenial yang minim pengalaman memiliki jaminan akan budidaya yang dilakukan serta adanya transfer knowledge dari off taker kepada peternak. Kehadiran M. Dio Wicaksonoadi selaku offtaker dapat dijadikan contoh dan replikasi bagi generasi muda lainnya yang di usia 28 tahun telah sukses melakukan usaha peternakan.
 
Wakil Gubernur Jawa Barat, Bapak Uu Ruzhanul menyampaikan apresiasi diselenggarakannya kegiatan Business Matching hasil kolaborasi Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Bank bjb dan OJK. Kegiatan ini diharapkan dapat diaplikasikan di daerah lainnya sehingga dapat tercipta kesejahteraan bagi masyarakat khususnya pelaku usaha peternakan dalam rangka mewujudkan Jawa Barat Juara Lahir Batin.
 
Bupati Sumedang menyampaikan apresiasi kepada OJK, BI, Bank bjb serta lembaga terkait atas penyelenggaraan kegiatan dan keberadaan TPAKD. Kegiatan Business Matching ini diharapkan dapat membangun sinergi mitra bisnis UMKM dalam mengatasi masalah akses modal, akses pasar serta kapasitas petani maupun peternak khususnya di Kabupaten Sumedang.
 
Pada kegiatan tersebut dilakukan penyerahan KUR secara simbolis kepada 3 peternak dari 3 daerah yaitu kepada Sdr. Ismail Hakim peternak dari Kab.Sumedang, Sdr. Heri Irawan peternak dari Kab. Karawang, dan Sdr. Heldi Rahmat Nugraha peternak dari Kab. Pangandaran. Selain itu, Bank bjb juga memberikan DPLK bagi para peternak, sehingga tidak hanya pegawai atau ASN yang memperoleh pensiunan di masa tuanya namun peternak pun memiliki kesempatan yang sama memiliki dana pensiun.
 
 

27 Oktober 2021 Admin - Admin TPAKD - Mudo Laksito